Agar lulus Interview

Etika interview adalah tata aturan yang di gunakan menghadapi pertanyaan-pertanyaan oleh interviewer baik pada agen kapal pesiar atau user (pemilik perusahaan kapal pesiar).

Baigaimana membuat interview agar berkesan?

Sebelum interview

Hal pertama agar membuat interview kita berkesan adalah

a. Ketuklah pintu meski dalam keadaan terbuka atau tertutup, karena ibarat kita bertamu ke tempat orang lain haruslah memberikan isyarat bahwa kita ingin bertamu dengan baik-baik.

b. Jabatlah tangan orang yang akan menginterview anda sekuat orang itu menjabat, karena itu mengisyaratkan betapa anda antusias  bertemu dengan orang yang akan menginterview anda.

c. Jangan pernah duduk terlebih dahulu sebelum orang yang menginterview anda meminta anda untuk duduk. Bisa jadi mungkin orang yang menginterview anda tidak mempersilahkan anda duduk, maka mintalah dengan sopan untuk ijin duduk, excusme, may i have sit sir/madam?

d. Jangan pernah ragu tapi bersikaplah tegas dan percaya diri, mengapa demikian? Karena di dalam dunia kerja, kalian akan bertemu dengan orang-orang baru dan pastinya anda harus mengontrol diri sendiri bagaimana berbicara dan beretika kepada orang tersebut.

e. Jangan pernah silangkan kaki atau tangan anda di depan orang yang akan menginterview anda, karena itu seolah-olah anda meremehkan dan menantang. Biar bagaimanapun anda sedang melamar kerja, jadi bersikap dengan sopan adalah kunci utama.

f. Jangan membawa atau meletakan barang pribadi anda di meja orang yang menginterview anda, karena hak anda adalah menjawab pertanyaan dari interviewer mulai dari data diri sampai keahlian.

Baca juga info Loker kapal

Menjelang interview / gaya bicara

a. Berbicaralah dengan jelas bersama intonasi yang reguler tanpa menghilangkan etika kesopanan terhadap orang yang menginterview anda.

b. Jangan berbicara berlebihan jika itu memang tidak di butuhkan.

c. Hindari jawaban-jawaban yang mungkin tidak ada hubungannya dengan kerjaan.

d. Jawablah singkat padat dan jelas, kecuali jawaban yang membutuhkan alasan, atau penjelasan.

e. Jangan sampai membiarkan interviewer menunggu lama jawaban anda karena itu mengisyatkan bahwa anda kurang siap di dalam mengikuti interview.

Pandangan mata

  1. Pandanglah mata interviwer dengan penuh perhatian dengan seolah-olah anda berharap  ketika interviewer sedang menanyakan pertanyaan pada anda.
  2. Jagalah pandangan anda, maksud nya jangan memandang kemana-mana seenaknya sendiri sedangkan yang bertanya ada di depan anda, itu seolah anda tidak menghormati orang yang mengajak anda bicara.
  3. Jangan membuka mata terlalu lebar seolah-olah anda menatap orang yang menginterview anda dengan isyarat mengancam/ menantang. Ini juga akan menjadi pertimbangan bagi interviewer di dalam etika/ sopan santun.

Expresi wajah

  1. Jangan terlihat panik atau gugup di dalam menghadapi interview, pastikan anda santai.

Mungkin banyak dari anda-anda semua mencari trik bagaimana agar pikiran santai dan tidak gugup di dalam menghadapi interview salah satunya adalah mempersiapkan diri jauh-jauh hari dengan latihan yang sering, mempersiapkan bahasa yang akan di gunakan, dan istirahatlah yang cukup sebelum hari interview di mulai agar anda benar-benar siap, jika masih gugup pastikan anda minum air putih secukupnya sebelum interview

2. Jangan pernah tunjukan wajah yang tidak menarik di depan interviewer, karena anda sedang tidak berbicara santai dengan teman/ adik anda. Jadi pastikan anda benar-benar siap dalam segala hal.

Etika-etika lain

a. Tunjukan antusiasmu didalam menjawab pertanyaan pertanyaan yang di beri oleh interviewer.

b. Tetaplah jaga etika meski interiewer menajak anda bercanda seperti seolah-olah sudah kenal anda.

c. Hindari keraguan di dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan.

d. Jangan sampai menunjukan kesombongan seolah-olah kita bisa.

e. Dengarkan interviewer dengan sangat hati-hati jangan sampai meminta mengulang pertanyaan jika memungkinkan.

f. Jangan langsung berbicara iya jika interviewer menanyakan soal gaji, karena terkadang itu hanya jebakan.

g. Berikan jawaban tambahan jika itu memungkinkan, dan perluas jawaban anda tanpa menghilangkan koneksi antara kalimat satu dan yang lain.

Taktik dan etika berpakaian

  1. Jangan memakai jaket atau pernak-pernik gelang karet atau accecories lainya.
  2. Pakailah pakaian rapi berseterika dan dasi.
  3. Pakailah sepatu pantofel jangan sandal.
  4. Usahakan tanpa jambang, jenggot atau kumis dan pakailah minyak rambut agar rapi dan enak di pandang.

Ingat, bahwa dalam interview yang membuat berkesan adalah tata cara berpakaian dan berpenampilan. Keep grooming! Sukses selalu! semoga bermanfaat!

2 thoughts on “Agar lulus Interview

  1. Pingback: Cara cepat kerja di kapal pesiar – lokerkapal.com

  2. Pingback: Cara cepat agar kerja kapal – Ocean Ambassador Pare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *