Conditional sentences type 1, 2, 3

Conditional sentence– atau biasa kita sebut “If clause” di gunakan untuk menyatakan pengandaian yang mungkin terjadi, tidak mungkin terjadi atau penyesalan. di bawah ini adalah aturan menggunakan conditional sentence.

Conditional sentences type 1, 2, 3 dan contohnya

If + kondisi, konsekuensi.

atau juga menggunakan aturan di bawah

Konsekuensi + if + kondisi.

Kita bisa lihat dari aturanya bahwa terdapat dua kalimat, yang pertama di ikuti “if” dan yang ke dua tidak. Jika kalimat di ikuti “if” maka kalimat tersebut menjadi anak kalimat. Begitu sebaliknya, bahwa kalimat yang tidak di ikuti dengan “if” maka kalimat tersebut menjadi induk kalimat.

Jenis-jenis conditional sentences

Sesudah anda mengetahui apa itu conditional sentences, kita akan lanjut ke jenis-jenis conditional sentences untuk memudahkan teman-teman di dalam penggunaanya. Mari kita simak aturan-aturan mulai Conditional type 1, 2, 3.

Conditional sentence type 1

Jenis conditional sentence yang di gunakan untuk menyatakan pengandaian yang mungkin bisa terjadi di hari depan. Pada penggunaan “if clause” jenis ini teman-teman memiliki keyakinan besar bahwa apa yang andai-andaikan bisa terjadi di masa depan. Mari kita simak contohnya:

If + S + V s/es + O, S + Will +v1.

If you are my girl, i will make you happy. Jika kamu pacarku, aku akan membuatmu bahagia.

Pada kalimat di atas menjelaskann bahwa pengandaian itu masih mungkin terjadi. Wanita tersebut mungkn saja menerima “aku” yang berusaha mendekatinya dan aku masih ada kesempatan membuatnya bahagia.

Conditional sentence type 2

Conditional ini di gunakan untuk menyatakan angan-angan yang tak pernah bisa terjadi. Dalam aturanya menggunakan bentuk lampau.

If + S + V2 + o, S would + V1.

If I were your father, I would buy you house. Jika aku ayahmu, aku akan belikan kamu rumah.

Pada kejadian ini saya bukanlah ayahmu, jadi tidak mungkin saya membelikan kamu rumah. Hal yang tidak mungkin terjadi karena kenyataanya memang saya bukan ayahmu.

Note: Jika penggunaan pada tenses nominal “simple past” maka “subject apapun selalu menggunakan” were”

Conditional sentence type 3

Conditional type 3 di gunakan untuk menyatakan “penyesalan” dari sesuatu yang sudah terjadi. Pada aturan ini selalu menggunakan bentuk lampau juga.

If + had + v3 + o, S + would+ have+ v3 + o.

If i had worked harder, I would have had much money.

Jika aku bekerja keras, aku akan memiliki banyak uang.

Jika teman- teman masih bingung silahkan buka juga artikel terkait dengan klik rumus yang ada di atas. Sekian terimakasih, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *