Belajar bahasa Inggris grammar

Belajar tata aturan mulai menyusun sebuah kata hingga kalimat atau biasa di sebut dengan grammar memang teradapat dalam bahasa. Tidak hanya pada bahasa inggris saja namun, di semua bahasa pun juga seperti itu. Setiap aturan kalimat pastilah ada yang namanya kata, subject dan predikat/ (subject dan verb) dan object.

Belajar grammar b. inggris

Namun tidak cukup pada tenses atau perubahan kata kerja saja, namun bagian bagian nya juga, seperti; Phrase, clause, sentence. Nah, pada kesempatan kali ini kita bahas phrase. Ap itu phrase?

Phrase

Phrase adalah susunan kata yang bermakna akan tetapi tidak mengandung subject dan verb. Ada banyak jenis2 phrase di antaranya adalah:

Noun phrase

Noun phrase- frase yang inti nya terdapat pada benda. Aturanya disini menggunakan susunan “adjective/ kata sifat dan noun/ kata benda.

Contoh :

Noun Phrase

Dari contoh di atas mmerupakan salah satu phrase yang intinya pada benda. Jika kita bahas lebih rinci lagi dari gambar pojok kiri atas, dari kata “baju dan baru” apakah yang baru? bejunya kan, mabaju sebagai induk atau inti, maka di taruh belakang. susunanya silang seperti susunan di atas.

Adjective phrase

Adjective phrase -phrase yang intinya ada pada adjective/ kata sifat.
Umumnya, adjective atau kata sifat di terangkan oleh adverb/ kata keterangan. Susunan dari adjective phrase sendiri seperti contoh di bawah.

adjective phrase

a. Sangat bagus : Apanya yang bagus? sangat nya. Kan g masuk akal. Apanya yang sangat? Bagusnya lah yang sangat, dan penyusunanya seperti biasa Very good.

b. Dari kata sangat cantik, apanya yang cantik? masak sangatnya, nggak kan! coba lagi tanyakan, apanya yang sangat? Cantiknya! kan masuk akal.

c. Dari kata kata cukup pintar : Smart enough, apanya yang yang pintar?cukupnya, jelas gak masuk akal, atau apanya yang cukup? pintarnya. ini baru masuk akan. Untuk penyusunan Enough dan adjective maka Adjective yang di dahulukan.

Contoh:

Good enough : cukup bagus

Beautiful enough : cukup cantik

Handsome enough : cukup ganteng

Jadi kesimpulan dari adjectve phrase adalah phrase yang intinya terletak pada adjective/ kata sifat itu sendiri.

Adverbial phrase

Phrase yang intinya terletak pada adverb dan penjelasnya adalah adverb/ kata keterangan itu sendiri.

Adverbial phrase

Pada susunan kata di atas kita bisa kita lihat bahwa pada inti sebuah kata nya merujuk pada Adverb/ kata keterangan dan penjelasnya juga merupakan Adverb/ keterangan.

Kita lihat juga pada susunan kata sebelah kanan, bahwa yang adverb/ keteranganta menjelaskan adverb juga.

Verb phrase

Phrase yang intinya menerangkan verb/ kata kerja.

Verb phrase

Susunan kata yang intinya terletak pada kata kerja atau verb, coba kita lihat dari dua susunan kata di atas, work fast (kata “fast” disana menjelaskan kata kerjanya/ verb nya.

Lihat juga susunan kata kedua, bahwa kata walk slowly, (slowly disini menjelaskan “walk”.

Gerund phrase

Phrase yang intinya pada gerund atau verb yang di jadikan v.ing.

Gerund phrase

Contoh di atas sebelah kiri adalah gerund atau verb ing yang di sebab kan karena setelah preposition/ kata depan. Sedangkan sebelah kanan adalah gerund yang di sebab kan bertemu kata kerja yang harus di ikuti gerund tersebut.

To infinitive phrase

Phrase yang intine terletak pada to infinitive/ to + v1. Ada banyak kata kerja atau verb yang bisa di gunakan untuk menentukan di ikuti to infinitive atau tidak.

Prepositional phrase

Phrase yang terbentuk karena adanya preposisi. Bisa berupa verb ing atau kata ganti.

Bisa kita lihat bahwa preposisi/ kata depan di atas di ikuti gerund dan kata ganti. Dan kata depan di atas sekedar contoh, jadi bisa cari pada artikel sebelum nya terkait kosa kata lengkap dengan artinya, terimakasih, semoga bermanfaat!

One thought on “Belajar bahasa Inggris grammar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *